TUGAS E-GOVERNMENT & E-COMMERCE

Nama: Zeus Jason Boas Napitu
Kelas: 9A
Absen: 30

E-Government

Apa itu E-Government:

E-Goverment merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-Governtment biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi. E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

Manfaat E-Goverment: 

1.memberikan layanan yang lebih berkualitas.

2.mengurangi total biaya administrasi dan waktu yang dikeluarkan oleh masyarakat.

Dampak Positif E-Government:

1.mendapatkan pelayanan dari pemerintah tanpa harus ke kantor pemerintah

2.Dapat memperoleh informasi tentang kebijakan oleh pemerintah dengan lebih praktis dan lebih cepat

Dampak negatif E-Government:

1.Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan memudahkannya terjadi cyber crime

2.Banyak negara yang meragukan berita berita negara yang diterbitkan oleh negaranya sendiri

E-commerce

Apa itu E-commerce:

E-commerce (Elektronik Commerce) adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.

Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. 

Manfaat E-commerce: 

1.mempermudah komunikasi antar produsen dan konsumen

2.mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa.

Dampak Positif E-Commerce:

1. Aliran pendapatan (Revenue Stream) baru yang mungkin jauh lebih menjanjikan yang tidak ditemui di sistem jual beli di pasar tradisional.

2. Mampu meningkatkan market exposure.

Mampu mengurangi biaya operasional(operating cost).

3. Dapat memperluas jangkauan (global reach).

4. Mampu meningkatkan customer loyality.

5. Mampu meningkatkan supplier management.

6. Dapat mempersingkat waktu produksi.

7. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).



Dampak Negatif E-Commerce

1. Akan kehilangan dari segi finansial secara langsung karena adanya kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.

2. Adanya pencurian informasi yang sangat rahasia dan berharga. Gangguan yang muncul bisa membongkar semua informasi rahasia itu pada pihak yang tidak berhak dan mengakibatkan kerugian besar bagi korban.

3. Kehilangan kesempatan bisnis atau kerugian pelanggan karena gangguan pelayanan. Seperti kesalahan yang bersifat non-teknis(aliran listrik tiba-tiba padam).

4. Adanya pengaksesan ke sumber pihak yang tidak berhak. Seperti seorang hacker yang membobol sistem perbankan. Kemudian memindahkan sejumlah rekening milik orang lain ke rekeningnya sendiri.

5. Dapat kehilangan sebuah kepercayaan dari para konsumen. Karena faktor-faktor seperti adanya usaha sengaja yang dilakukan oleh pihak luar yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

6. Terjadinya kerugian yang tidak terduga-duga, karena adanya gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, kesalahan dari faktor manusia ataupun kesalahan dari sistem elektronik.

Komentar